Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Siapa sebenarnya yang dimaksud dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri-ciri konsumen?
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Ciri – Ciri Konsumen:
Dua wujud konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau
jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih
murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang
efisien dan distribusi yang intensif.
Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki
kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang
lengkap.
Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara
sepihak untuk diproduksi.
Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan
sebelumnya, kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini
disebut marketing concept.
Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.
Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk
menentukan.
Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada
dalampikiran
konsumen.
Menyediakan nilai pelanggan didefinisikan sebagai rasio antara keuntungan yang
dirasakan sumber-sumber (ekonomi, fungsional dan psikologi) digunakan untuk
menghasilkan keuntungan-keuntungan tersebut. Keuntungan yang telah dirasakan
berupa relative dan subjektif.
Kepuasan pelanggan adalah persepsi individu dari performa produk atau jasa
dalam hubungannya dengan harapan-harapan.
Mempertahankan konsumen adalah bagaimana mempertahankan supaya konsumen tetap
loyal dengan satu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain, hamper dalam
semua situasi bisnis, lebih mahal untuk mencari pelanggan baru dibandingkan
mempertahankan yang sudah ada.
Etika pasar dan tanggung jawab social
Konsep pemasaran social mewajibkan semua pemasar wapada terhadap prinsip tanggung
jawab social dalam memasarkan barang atau jasa mereka, oleh sebab itu pemasar
harus mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan dari targt pasar mereka. Praktek
etika dan tangung jawab social dalah bisnis yang bagus, tidak hanya
meningkatkan penjualan tetapi menghasilkan kesan yang baik.
Model sederana dari pengambilan keputusan yang dibuat oleh pelanggan
- Input stage mempengaruhi pengakuan konsumen dari sebuah kebutuhan produk dan
terdiri dari dua (2) sumber informasi, yaitu usaha pemasaran perusahaan dan
pengaruh sosiologi dari luar pelanggan.
- Output stage terdiri dari dua (2) pendekatan yang erat hubungannya dengan
aktivitas pengambilan keputusan yang sudah diambil.
Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen
Menurut saya sebagai perusahaan besar alangkah lebih baik selalu melihat kondisi pasar dan selalu memberikan inovasi inovasi baru terhadap produk kita dipasaran. dengan cara demikian produk kita bisa selalu diterima oleh konsumen di pasar, dan dengan cara tersebut konsumen pasti akan percaya untuk menggunakan produk yang kita pasarkan.
Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://gabygabrielabosch.blogspot.com/2010/10/pemahaman-konsep-perilaku-konsumen.html
http://adimanpangaribuan.blogspot.com/2012/06/pengertian-konsumen.html
http://ekakeropooh.blogspot.com/2012/10/pengertian-konsumen-ciri-ciri-konsumen.html
Mowen, John C.(2002).PERILAKU KONSUMEN (Jilid 1 Edisi Kelima).Erlangga
Saladin, Djaslim & Oesman,Yevis.(2002).Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik.Bandung:Linda Karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar